5 Tips Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Membuat Website

Remo-xp.net – Banyak yang bertanya-tanya Apa sih yang harus disiapkan ketika ingin membuat sebuah website? Kadang pertanyaan seperti ini sering terlintas dipikiran kita, khususnya untuk seorang pemula yang baru terjun ke dunia website. Hal seperti itulah kadang yang menjadi kendala, kita bingung hendak memulainya dari mana dan nanti websitenya akan seperti apa? tujuan nya untuk apa? dan desain nya bagaimana? hingga akhirnya malah jadi dilema dan kita pun mengurungkan niat untuk membuat website tersebut. Benar apa betul begitu? Hehe.

Artikel kali ini saya akan membuat sebuah Tips apa sih yang perlu dipersiapkan ketika ingin membuat sebuah website? Mungkin ini bisa dibilang hanya unek-unek atau catatan seorang pemula, Iya karena saya pun hanya seorang pemula. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para pembaca. Yuk lanjut…

Disclaimer : Jika kamu seorang master, untuk apa membaca tulisan ini. Mending tutup saja browsernya.

Oke karena kamu tidak menutup, mari kita lanjutkan. Sebenarnya untuk membuat sebuah website itu bisa dibilang susah-susah gampang. Mengapa demikian? Karena untuk membuat website tidak sesulit dahulu, harus mencari buku-buku referensi diperpustakaan, gramedia dan sebagainya. Kamu hanya cukup bermodalkan koneksi internet saja, toh di google sudah banyak tutorialnya, tinggal di ikuti saja. Namun yang bagian tersulit adalah mengembangkan website tersebut, bagaimana agar website yang kita buat memiliki banyak pengunjung? Bagaimana agar pengunjung betah berlama-lama di website kita? Apakah website yang kita buat bisa bermanfaat untuk orang-orang?

Oke langkah pertama yang harus diperhatikan adalah.

1. Tentukan Tujuan dari Website yang ingin kita buat

Ya, benar sekali, setiap kehidupan atau apapun aktivitas yang kita lakukan pasti memiliki tujuan. Benar? Misalnya tujuan hidup adalah membahagiakan kedua orang tua, kemudian memiliki keluarga yang bahagia. Contoh lain, tujuan sekolah adalah ingin mendapatkan ilmu yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Nah begitupun ketika kita ingin membuat sebuah website, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah apa tujuan dari website yang ingin kita buat?

Apakah itu website berita, seperti detik.com website sepakbola kaya goals.com atau mungin website yang berisi seputar kesehatan. Baik, apakah sudah ada gambaran? Mari kita lanjutkan tips berikutnya.

2. Memilih Nama Website yang Unik, Namun tetap mudah di Ingat

Tips berikutnya adalah menentukan nama yang unik untuk website kamu, ingat unik bukan berarti Alay ya. Unik yang dimaksud disini adalah menggunakan kata-kata yang singkat, namun tetap berbeda dengan website lain. Kalau banyak yang sama, itu mah namanya sudah terlalu Mainstream, otomatis website kamu bakalan dibanding-bandingkan oleh pengunjung dengan website yang sama tersebut . Karena disini ceritanya kamu sebagai pemula, maka otomatis webiste kamu bakalan kalah sama website yang lebih dulu berkembang, meskipun website kamu lebih bak, tapi tetap saja yang namanya dibanding-bandingkan itu rasanya tidak Enak 🙁

Jadi, buatlah nama website yang unik usahakan nama websitenya berhubungan dengan point 1, tujuan dari website yang kamu buat, contohnya  website sepak bola maka jadilah nama websitenya goals.com atau website kesehatan maka buatlah namanya medis.com atau yang lainnya, saya yakin pasti kamu sudah bisa menentukannya sendiri.

3. Buatlah tampilan nya semenarik mungkin

Tidak dapat dipungkiri, ketika kita sedang browsing dan membuka sebuah website, hal pertama yang kita lihat adalah tampilan dari website tersebut. Ketika melihat tampilannya saja sudah berantakan, ya sudah pasti kita malas untuk membaca isi dari website tersebut. Jadi, desainlah tampilan nya semenarik mungkin, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok dan berlawanan, buatlah seminimalis mungkin namun tetap terlihat arogan perhatikan juga responsif nya karena rata-rata pengunjung menggunakan smartphone mereka untuk mengakses webiste kita dengan begitu maka perhatikan versi mobile dan versi desktopnya.

4. Jangan menggunakan Widget-widget yang tidak diperlukan

Kebanyakan kesalahan para pengguna website adalah mereka menambahkan widget atau script yang seharusnya tidak perlu dipasang dalam sebuah web, sebut saja kalender. Bukankah kalender itu sudah ada masing-masing disetiap perangkat? Jadi ngapain memasang kalender didalam website, hal itu hanya akan menambah beban website yang kita buat, loadingnya menjadi lambat selanjutnya ukuran kilobyte yang digunakan untuk mengakses website kita sangat besar dan hal itu akan membuat para pengunjung menjadi tidakk nyaman dan akan segera menutup jendela browser mereka.
Jadi mulai sekarang janganlah memasang widget-widget yang tidak terpakai itu pada website kamu.

5. Hindari menggunakan bahasa yang kasar dalam sebuah website

Ketika medengar orang bebicara dengan kalimat yang sedikit kurang sopan? Apa yang kamu rasakan, kesal, jengkel atau mungkin emosi? Begitupun dalam sebuah website, gunakan gaya bahasa yang friendly artinya bahasa yang kamu gunakan cocok untuk siapa saja yang mengaksesnya, gunakan bahasa yang lucu agar pengunjung tidak bosan membaca isi artikel yang ada di website kamu, perhatikan juga titik, koma dalam penulisan agar mudah dipahami oleh para pengunjung.

Sebenarnya bukan hanya 5 tips, tapi masih banyak lagi, mungkin nanti akan saya buatkan tips lanjutan nya.

Demikian 5 Tips yang perlu diperhatikan sebelum membuat website. Terimakasih loh ya, sudah membaca sampai habis, padahal saya ini siapa, hanya seorang pemula yang ingin berbagi sedikit pengetahuan. Sekali lagi, ini hanyalah tulisan berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi mohon maaf jika kita berbeda pendapat atau mungkin ada yang kurang dari tulisan ini, kamu bisa menambahkan nya pada kolom diskusi dibawah. Semoga tulisan singkat ini dapat menginspirasi kamu yang ingin atau sedang membuat sebuah website.

Have a nice day 🙂